Kiswah Hadiah Raja Salman Dipajang di Masjid Istiqlal

14

Istiqlal.id Jakarta –Pagi ini, Jumat(10/3/2017) pukul 10.50 WIB, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di damping oleh Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, Dr. DB, KH. Muzammil Basyuni dan Wakil Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, meresmikan pemajangan potongan Kiswah (kain penutup Ka’bah) hadiah dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Peresmian ini ditandai secara simbolis dengan penandatangan piagam oleh Menteri Agama di lantai utama Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.
“Alhamdulillah kita baru saja melakukan peresmian pemasangan kiswah sebagai hadiah dari Raja Salman dan mudah-mudahan ini merupakan symbol dan pertanda yang sangat positif, tidak hanya dalam rangka menjaga hubungan baik antar kedua negara, tapi juga sekaligus meningkatkan dan semakin mempererat, dan memperkokoh persaudaraan kita antar duanegara,” kata Lukman.

Lukman juga bersyukur Kiswah tersebut dipajang di tempat yang istimewa. Hal ini karena Raja Salman mempercayakan pemasangan Kiswah tersebut di Masjid Istiqlal. Ia juga berharap hubungan Arab Saudi dan Indonesia memberi dampak bagi kemaslahatan bersama warga kedua negara di era global seperti saat ini.

Ketua Umum Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Muhammad Muzammil Basyuni yang mendampingi Menteri Agama dalam penandatanganan piagam tersebut juga menyatakan, bahwa Lafaz Surat Al-Baqarah ayat 125 yang tertulis dalam potongan kiswah tersebut juga memiliki makna tersendiri.
“ Mudah-mudahan dengan lafaz dan ayat itu Masjid Istiqlal adalah bagian dari maqom Ibrahim jadi ‘wattakhidzu min maqomi Ibrohima musalla’ (jadikan bagian dari makam Nabi Ibrahim),” jelas Muzammil.

” Kemudian, kedua, itu kenapa kita taruh persis di bawah lafzul-jalaalah dan Muhammad Rasulullah persis di tengah, karena Islam adalah wasati (penengah) dan semua orang berhak untuk melihat wasatiah Islam dengan aman dan dengan nyaman,” sambung Muzammil.
Kiswah yang telah dibingkai dengan warna emas tersebut dipajang di dinding depan dari bagian dalam Masjid Istiqlal. Letak pemajangannya tepat berada di samping mimbar khatib. Sebagai manifestasi syukur atas penghargaan kepada orang yang begitu peduli menghadiahkan potongan kiswah dan tulisan yang maknanya sangat tinggi. (Koltang)