YIFEST 2017 Resmi Dibuka Gubernur Jakarta Terpilih

15

Youth Islamic Festival (Yifest) yang digelar hari ini hingga Minggu (30/4) besok secara resmi dibuka oleh Gubernur Jakarta terpilih, Anies Baswedan. Yifest kali ini mengusung tema “Inspiring Young Muslim in Indonesia”.

Dalam sambutannya, Anies berkata mendukung penuh terlaksananya kegitan Yifest ini. Menurutnya, acara ini lebih unggul karena dilaksanakan untuk menarik minat pemuda yang dalam panilaiannya selalu melihat persoalan dari sudut pandang berbeda dan baru.

“Tugas pemuda bukan hanya membaca sejarah, tapi cobalah buat sejarah sendiri,” kata Anies dalam sambutannya di peresmian Yifest, Masjid Istiqlal, Jakarta.

Anies menyoroti masalah kemanusian yang hingga kini masih terus melanda di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Ia menekankan pemuda agar fokus membenahi masalah menyangkut umat mulai hal terkecil.

“Misalnya, sehari kita wudhu minimal lima kali, tapi jarang yang memikirkan tentang masalah air bersih di Jakarta,” ujar Anies.

Melalui Yifest, Anies berharap ada hasil berupa aksi nyata yang diperoleh setelah kegiatan tuntas.

Acara peresmian Yifest itu dibarengi dengan digelarnya deklarasi Komunitas Cinta Masjid Indonesia (KCMI) yang bertujuan kembali menghidupkan berbagai bentuk aktivitas di masjid. Salah satu deklarator KCMI adalah Direktur Wahid Institute, Yenni Wahid.

Yenni berpesan pada peserta yang hadir agar masjid dijadikan pusat merangkul dan bersatu bagi setiap umat Muslim yang beragam. Jika efek Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu menimbulkan perpecahan, Yenni berharap saat ini jadi momen bersatu kembali.

“Mari kita merangkul bukan memukul dan mengajak bukan mengejek,” ujar Yenni.

Ia berharap setiap kegiatan di masjid selalu membawa suasana nyaman bagi semua orang, karena tidak hanya Muslim yang hadir tapi juga Non Muslim.

Yifest dimeriahkan dengan puluhan stan bazar yang menjual berbagai jenis produk, mulai dari makanan, hijab dan beraneka suvenir. Selain itu, beberapa rangkaian acara juga cukup menarik seperti tabligh akbar, talkshow, sharing session, olahraga sunnah, dan lainnya.

Sejak Yifest berlangsung hari ini, donasi yang terkumpul dari peserta pameran dan pengunjung sebanyak Rp 4.864.000 dengan tambahan dari Wahid Institute sebanyak 1000 euro, Dude Herlino menyumbang Rp 5 juta  dan Sekretaris BPP Masjid Istiqlal KH Rusli Effendi menyumbang Rp 2 juta.